Tips Kesehatan

 
 
 
Berita Medis
 
Kalender
23 October 2017
SunMonTueWedThuFriSat
24252627282930
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930311234
 
Visitor
Flag Counter
TURUNKAN BERAT BADAN DENGAN DIET MAYO
Tanggal Posting : Rabu, 28 Juni 2017 | 10:03
Pengirim : RS DIRGAHAYU - dibaca 53 kali

Turun 6 Kg Dalam Dua Minggu dengan Diet Mayo

 

BANYAK ragam diet yang membuat bingung. Saat ini, sedang tren diet mayo. Diet ini ramai dibicarakan bahkan beberapa artis juga menjalankan diet ini. Mona Ratuliu, contohnya. Diet mayo adalah diet yang menjadikan garam sebagai pantangan makanan. Diet ini dikatakan ampuh menurunkan berat badan hingga 6-8 kilogram (kg) dalam kurun waktu 13 hari saja.

Namun, amankah diet ini untuk kesehatan?

Menurut ahli gizi Esra Lines, mengonsumsi garam baik untuk kesehatan karena kandungan natrium dalam garam. Zat tersebut dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Namun, mengonsumsi garam berlebihan juga tidak dianjurkan karena dapat memicu gangguan kesehatan, khususnya hipertensi.

“Terlalu banyak konsumsi makanan yang asin-asin, bisa meningkatkan tekanan darah. Bila asupan tidak terkontrol bisa hipertensi,” jelasnya saat ditemui di Rumah Sakit (RS) Dirgahayu Samarinda beberapa waktu lalu.

Diet mayo yang tidak memperbolehkan mengonsumsi garam, lanjut Esra justru sangat baik. Karena membantu mengurangi asupan garam. Jadi, diet mayo boleh-boleh saja. Meski begitu, menu diet harus tetap seimbang. Jangan sampai, hanya memperbanyak protein dan serat tapi mengurangi bahkan meniadakan karbohidrat.

“Tubuh juga memerlukan asupan karbohidrat sebagai sumber energi, agar bisa beraktivitas dengan baik. Namun, jumlah kebutuhan energi juga harus disesuaikan dengan aktivitas yang dijalani,” tuturnya.

Tidak mengonsumsi karbohidrat memang cepat menurunkan berat badan. Tapi hal tersebut dapat membuat orang lemah karena kekurangan energi. “Setidaknya konsumsi karbohidrat dalam sekali makan sekira 100-150 gram. Bila tidak ingin makan nasi putih, bisa diganti dengan kentang dengan porsi yang sama. Atau mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih rendah kalori dan gula,” ucap Esra.

Selain garam, pelaku diet mayo hanya minum kopi atau teh dengan sedikit gula pada pagi hari.  Beberapa orang memang tidak terbiasa meminum kopi pada pagi hari, jadi bisa terserang mag. “Karena kopi membuat asam lambung meningkat,” papar perempuan berambut panjang ini.
Esra menyarankan, sebelum memilih diet mayo sebagai alternatif menurunkan berat badan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Jangan hanya mengikuti tren diet yang sedang berkembang, tapi tidak memikirkan efek yang akan terjadi setelahnya. Karena kondisi setiap orang berbeda-beda, maka efek yang didapat juga tidak sama.

 

Lose It and Live It
DIET mayo memiliki dua hal penting yang harus dipahami oleh para pelakunya. Sebab dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, sesuai dengan situasi tubuh saat menjalaninya. Diet mayo yang ditemukan oleh pakar profesional dari Mayo Clinic merupakan jenis diet yang dikembangkan berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis, yang diterbitkan pada 2010.
Para pakar profesional mengatakan bahwa mengontrol berat badan jangka panjang akan sukses bila kita tidak hanya berfokus pada apa yang dimakan saja. Pun saat kita menjalani diet mayo. Dengan diet mayo ini, diharapkan kita mampu mengubah gaya hidup secara menyeluruh, dan mengadopsi kebiasaan sehat yang baru.

Ada pun dua bagian utama dalam diet mayo yang harus kita pahami adalah sebagai berikut :

1.     Lose it
Lose it merupakan fase dari diet mayo yang akan membuat kita tampak berbeda dalam waktu dua minggu. Pada fase ini, kita akan belajar bagaimana cara menghilangkan bobot tubuh sebanyak 6 sampai 10 pon (2,7 sampai 4,5 kilogram) dengan cara yang sehat.
Para pakar profesional mengatakan, pada fase ini kita akan lebih fokus pada kebiasaan gaya hidup. Kita belajar bagaimana cara menambahkan kebiasaan sehat dan membuang kebiasaan buruk dalam kehidupan kita sehari-hari. Terpenting dalam fase ini, jangan lupa untuk berolahraga, setidaknya 30 menit sehari.

2.    Live it!
Menurut pakar profesional dari Mayo Clinic, fase ini merupakan suatu pendekatan seumur hidup untuk diet dan kesehatan. Pada fase ini, kita mempelajari lebih jauh tentang pilihan makanan untuk diet mayo, ukuran porsi, perencanaan menu, dan berpegang teguh pada kebiasaan sehat.
Kita akan melanjutkan penurunan berat badan yang stabil sebanyak 1 sampai 2 pound (0,5 sampai 1 kilogram) dalam seminggu, sampai kita mencapai berat badan yang diinginkan.
Dengan terus menjalani gaya hidup sehat ini, kita dapat mempertahankan berat badan secara permanen. Kita pun akan belajar bagaimana mengatur agar berat badan tetap stabil dan mengembangkan pola makan sehat sepanjang hidup.(lip/fia)

 

Sarapan Yogurt, Dinner Salad Hijau
SELAMA menjalani diet mayo ada beberapa jenis menu makanan yang dapat dipilih. Tapi, harus dipahami bahwa para pelaku diet mayo tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa asin dan nasi.
Selama menjalani diet mayo pula segala makanan yang masuk ke dalam tubuh kita harus dikukus, direbus, atau dipanggang, tidak boleh digoreng. Para pakar profesional dari Mayo Clinic yang menemukan diet mayo ini mengatakan, terdapat sejumlah tingkatan kalori yang dapat diadopsi sehari-hari.
Dasar dari diet mayo adalah Healthy Weight Pyramid, maka makanan yang sehat harus berfokus pada jumlah kalori yang kecil, dan perbanyak buah-buahan dan sayuran.
Para pakar menegaskan, diet mayo mengajarkan kita bagaimana mengatur ukuran untuk porsi makan dan rencana makan itu sendiri. Diet mayo tidak berfokus pada menghitung kalori, juga tidak mengharuskan kita menghilangkan jenis makanan tertentu.

 

Berikut ini adalah menu diet mayo dengan takaran kalori sebesar 1.200 cal, yang dikutip dari situs Mayo Clinic.

1.     Sarapan pagi
Pakar dari Mayo Clinic menyarankan agar mengonsumsi yogurt dan buah. Takarannya, 1 cangkir yogurt tanpa lemak, dicampur dengan 1 porsi buah.

2.    Makan siang
1 porsi tuna dan salad dengan takaran seperempat ekor tuna, 4 cup pasta dan direbus, 2 cangkir wortel yang dipotong dadu, 4 sendok mayones rendah kalori, dan 1 jeruk nipis yang diperas ke dalam salad tersebut.

3.    Makan malam
Salad hijau dengan takaran beberapa ikat selada dengan 1,5 cangkir irisan tomat, bawang merah, dan jamur, lalu tambahkan 2 sendok makan dressing salad bebas lemak.

4.    Camilan
Cukup 1 apel kecil diiris.

 

Pegang Lima Kunci Sukses Turunkan Berat Badan
DIET mayo memang ampuh membuat kita langsing dalam dua minggu. Tapi, tidak akan berhasil dijalani bila kita tidak memiliki tekad yang kuat untuk suatu perubahan.
Berikut ini, terdapat 5 kunci sukses menjalani diet mayo, seperti dikutip dari situs Mayo Clinic.

Komitmen
Penurunan berat badan membutuhkan waktu dan usaha, serta komitmen seumur hidup. Pastikan terlebih dulu bahwa kita siap untuk membuat suatu perubahanan, dan melakukannya karena alasan yang tepat.
Tidak hanya diet mayo, apa pun jenis diet yang kita jalani, tidak akan pernah berhasil bila tidak memiliki komitmen.


Motivasi diri
Motivasi diri adalah hal terpenting sebelum kita melakukan diet mayo. Sadari betul apa yang melatarbelakangi kita melakukan diet mayo untuk penurunan berat badan. Buatlah daftar apa saja yang dapat membantu kita tetap termotivasi dan fokus. Apakah kita ingin terlihat berbeda ketika berlibur, atau ingin sehat sepanjang usia kita.


Tetapkan tujuan yang realistis
Tujuan kita berdiet bukan untuk berlomba-lomba menurunkan berat badan sampai ke angka yang paling besar. Kita harus pahami bahwa penurunan berat badan ideal selama seminggu adalah 0,5 sampai 1 kilogram. Atau 2 sampai 4 kilogram selama dua minggu. Harus diingat juga bahwa mempertahankan jauh lebih sulit.


Nikmati makanan sehat
Salah satu cara agar kita berhasil dalam menjalani diet mayo adalah mengonsumsi makanan yang kaya asupan nabati, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
Selama menjalani diet mayo, kita dianjurkan untuk menghindari segala jenis makanan yang digoreng dan hanya boleh mengonsumsi makanan tanpa garam, harus dikukus, dipanggang, atau dibakar.


Aktivitas fisik
Meski kita dapat menurunkan berat badan tanpa olahraga, dan hanya fokus menjalani diet mayo, tapi itu semua dirasa percuma. Sebaik-baiknya diet yang kita jalani, tidak akan ada artinya bila tidak diimbangi dengan olahraga.

Rsd-malangpost