Tips Kesehatan

 
 
 
Berita Medis
 
Kalender
08 August 2020
SunMonTueWedThuFriSat
2627282930311
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
303112345
 
Visitor
Flag Counter
MUDAH KERIPUT AKIBAT MINUMAN BERSODA
Tanggal Posting : Kamis, 18 Mei 2017 | 10:52
Pengirim : RS DIRGAHAYU - dibaca 377 kali

MUDAH KERIPUT AKIBAT MINUMAN BERSODA

 

Rasa manis dan tajam kerap ditenggak untuk sensasi kesegaran, minuman bersoda cocok sebagai pelepas dahaga. Kabar buruknya, minuman bersoda sama sekali tidak memberikan manfaat yang berarti bagi kesehatan tubuh dan kesehatan kulit.

Diterangkan oleh ahli gizi RS Dirgahayu Samarinda Esra Lines, masalah terbesar dalam minuman soda ialah jumlah gula yang terkandung. Sehingga mengkonsumsinya secara berlebihan maka berpengaruh buruk untuk kulit. Karena pada dasarnya minuman yang banyak mengandung gula membuat proses metabolism tubuh menjadi tidak maksimal.

Sehingga berdampak proses penuaan lebih cepat, tekstur kulit lebih cepat keriput dan terlihat tidak bersinar, ujar ahli gizi dari Rumah Sakit Dirgahayu tersebut. Lanjut Esra, minuman bersoda sebaiknya tidak dikonsumsi  setiap hari dan kiranya dikonsumsi tidak lebih dari 1 liter dalam sehari.

Sebab selain merugikan kulit, minuman soda juga mempengaruhi kenaikan berat badan yang berlebih sehingga beresiko obesitas. Tak hanya itu, soda juga menganggu kesehatan gigi dan meningkatkan kerapuhan tulang. “Karena kandunga asam fosfat yang terdapat dalam minuman soda dapat melarutkan kalsium yang ada didalam tubuh. Jadi untuk menghindari penuaan dini, kurangilah mengkonsumsi minuman manis dan menggantinya dengan perbanyak mengkonsumsi air mineral”, tutur Esra.

Sebab itu, penting untuk mengetahui jenis makanan yang bisa membuat kulit Anda lebih cepat keriput.

1. Karbohidrat tinggi glikemik

Tak hanya menaikkan gula darah dengan cepat, karbohidrat jenis ini juga mempercepat penuaan dengan memecah gula, yang kemudian berkontribusi terhadap rusaknya kolagen, protein yang menjaga kulit tetap lembut dan kencang. Karbohidrat tinggi glikemik biasanya ditemukan pada makanan yang manis.

2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji mengandung minyak trans yang dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku. Selain tak baik untuk kesehatan organ jantung, kondisi ini membuat kulit terlihat lebih tua.

3. Daging olahan

Sosis, daging ham atau bacon, semua daging yang diproses agar terasa lebih asin bisa menimbulkan dua masalah. Pertama, kandungan sulfit dan pengawet lainnya yang menyebabkan peradangan di kulit. Kedua, mengandung kadar garam tinggi. Kedua hal ini bisa membuat kulit merah, bengkak, terlihat tidak sehat, terutama di bagian wajah.

4. Soda bergula manis

Minuman soda yang manis sama buruknya dengan merokok. Para peneliti menemukan, mengonsumsi 20 ons soda per hari dikaitkan dengan 4,6 tahun penuaan. Dengan kata lain, sebotol air soda sehari dapat memangkas lima tahun hidup Anda.

5. Makanan asin

Makanan yang asin tak hanya dapat membuat kulit merah, tetapi juga lebih cepat tua. Para peneliti menemukan bahwa kelebihan garam dapat mempercepat penuaan sel, serta meningkatkan kemungkinan penyakit jantung.

6. Kopi

Kafein dalam dosis tinggi bertindak sebagai diuretik yang bisa menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan banyak air dan berakibat menjadi dehidrasi. Dehidrasi menyebabkan kulit keriput dan timbul bintik hitam. Jika Anda mengonsumsi kopi secara rutin, pastikan tetap mencukupi kebutuhan air agar tubuh tetap terhidrasi.

 

 

KALTIMPOST - RS DIRGAHAYU SAMARINDA

 

Tips Kesehatan lain
 
RS Dirgahayu Samarinda
JL.Gunung Merbabu No 62 Samarinda
email humas@rsdirgahayu.com
telp (0541) 742161
fax (0541) 744636,748310
Head Office Map
 
Copyright © 2015 www.rsdirgahayu.com All Rights Reserved
Web Development by YOGYAweb.com