Tips Kesehatan

 
 
 
Berita Medis
 
Kalender
12 December 2017
SunMonTueWedThuFriSat
262728293012
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31123456
 
Visitor
Flag Counter
KURANG OLAHRAGA, GULA JADI LEMAK
Tanggal Posting : Selasa, 25 Juli 2017 | 11:12
Pengirim : RS DIRGAHAYU - dibaca 54 kali

 

Kurang Olahraga, Gula Jadi Lemak

BERTAKAR: Berlebihan makan yang manis membuat bobot tubuh cepat naik, tapi tidak dengan manis alami buah.

PROKAL.CO, Gula dan garam dimanfaatkan sebagai penyedap rasa makanan. Oleh karena itu, makanan apapun yang disajikan terasa hambar tanpa garam dan gula. Selain sebagai penyedap rasa, garam dan gula sebenarnya diperlukan tubuh. Hanya, jika dikonsumsi secara berlebihan akan memicu kegemukan dan beberapa penyakit lainnya.

Ahli gizi Esra Lines mengatakan, mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan garam merupakan salah satu faktor seseorang mengalami kegemukan. Jadi tak heran, banyak orang yang menjalankan program diet rendah gula dan garam.

“Namun, sebenarnya untuk hubungan diet garam dengan kenaikan berat badan bukan sebagai penyebab utama langsung. Tetapi cita rasa garam sebagai penyedap yang dapat membuat selera makan seseorang meningkat,’’ terang ahli gizi dari Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda saat diwawancarai di RS Dirgahayu.

Dalam penambahan berat badan sebenarnya gula yang lebih berpengaruh. Hal ini disebabkan oleh kalori yang terkandung pada gula tersebut.  Jadi, apabila kita mengonsumsinya berlebihan dan tidak disesuaikan dengan pengeluarannya (olahraga), dapat menyebabkan penumpukan dalam tubuh yang akan berubah menjadi lemak.

“Takaran sebenarnya, mengonsumsi garam dalam per hari yaitu sekitar satu sendok teh saja. Sedangkan gula maksimal empat sendok makan dalam per hari,’’ kata dia.

Namun, Lanjut dia, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, jangan hanya mengurangi penggunaan garam dan gula, tetapi juga dari bahan makanan lainnya yang mengandung penyedap rasa tersebut. Pada dasarnya meskipun tidak sedang menjalankan program diet, garam dan gula memang disarankan untuk tidak dikonsumsi secara berlebih.

“Sebab dapat menyebabkan beberapa faktor penyakit, yaitu terserangnya hipertensi dan diabetes,’’ pungkas Esra. (*/rha/her/k16)

 

4 Jenis Olahraga di Rumah yang Mudah dan Menyehatkan

 

Gerakan Naik Turun Tangga

Kamu beruntung jika memiliki rumah yang ada tangganya. Naik atau menuruni tangga ini bisa memaksamu untuk berolahraga. Ya, walaupun hanya sekedar berjalan menaiki dan menuruni tangga itu bisa memaksamu untuk berolahraga. Agar hasilnya lebih sempurna, saat menaiki dan menuruni tangga, perhatikan langkahmu dengan memposisikan punggung dengan tegak dan tetap menjaga keseimbangan. Atur juga napasmu dan tahan perut beberapa saat. Satu set sama dengan satu kali naik dan satu kali turun. Lakukan setidaknya tiga set atau lebih sesuai kemampuanmu.

Gerakan Terbang

Memiliki perut yang kencang dan rata memang idaman semua orang, tak terkecuali untuk laki-laki atau perempuan. Caranya tidak melulu dengan melakukan sit up, tetapi bisa juga dengan gerakan terbang yang satu ini. Caranya adalah telungkupkan tubuh kamu hingga posisi perut menyentuh lantai atau alat tertentu, posisikan kedua tangan lurus ke depan atau ke samping. Lalu, angkat tangan, pundak, lutut dan posisi perut tetap menempel di lantai secara bersamaan. Lakukan 15 hitungan sebanyak 3 set. Tiap pergantian set kamu bisa beristirahat selama satu menit.

 

Gerakan Duduk dan Berdiri

Melakukan gerakan duduk dan berdiri juga tergolong melakukan olahraga lho. Olahraga ini paling ringan dan mudah untuk dilakukan. Siapkan sebuah kursi, langsung duduk tetapi jangan menempelkan ke sandaran kursi terlebih dahulu. Posisikan punggung dengan tegak, duduk selama 1 detik kemudian berdiri lagi. Lakukan gerakan duduk, berdiri, duduk, berdiri ini sampai hitungan ke-15. Berhenti sebentar, dan ulangi lagi dengan menahan napas dan perutmu.

 

Gerakan Sikap Lilin

Gerakan sikap lilin ampuh untuk mengecilkan perut, baik untuk laki-laki atau perempuan. Caranya sederhana, berbaringlah di lantai atau kasur, angkat kaki ke atas melekat pada dinding hingga bagian perut juga terangkat, tahan beberapa saat. Cara mengecilkan perut yang satu ini lebih aman, murah dan lebih mudah, bisa kamu lakukan di sela-sela aktivitasmu di rumah.

Hms/mr/rsd-kp