Tips Kesehatan

 
 
 
Berita Medis
 
Kalender
27 June 2017
SunMonTueWedThuFriSat
28293031123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829301
1234567
 
Visitor
Flag Counter
KOLAGEN PERBAIKI SEL KULIT
Tanggal Posting : Senin, 22 Mei 2017 | 10:02
Pengirim : RS DIRGAHAYU - dibaca 29 kali

 

KOLAGEN PERBAIKI SEL KULIT

 BERBATAS: Meskipun vitamin C sangat baik untuk kulit, konsumsi kelewat batas justru membuat kristal batu di ginjal.


MANFAAT vitamin C sudah terkenal untuk kulit. Bahkan untuk mencerahkan warna kulit, suntik vitamin C cukup populer di kalangan perempuan. Cara yang alami, konsumsi lah sumber makanan bervitamin C untuk menjaga mulusnya kulit. 

Diterangkan ahli gizi Esra Lines, stroberi merupakan salah satu buah tinggi vitamin C yang sangat bagus untuk kulit. Rutin mengonsumsi stroberi dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan kulit.

“Dalam artian, vitamin C membantu perbaikan jaringan yang terlibat dalam pembuatan kolagen. Sehingga dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup tubuh dapat memproduksi kolagen secara maksimal,’’ terang ahli dari Rumah sakit Dirgahayu Samarinda tersebut, kepada Celoteh.

Lanjut dia, kolagen dalam kulit berfungsi menjaga dan mengatur kelembapan kulit, pengencangan, dan memperlambat penuaan dini.

Meski begitu, Esra menjelaskan, mengonsumsi vitamin C berlebihan juga malah berdampak buruk. Salah satunya, vitamin C berlebihan akan memengaruhi ginjal, dapat menimbulkan dan membentuk batu ginjal.

Sebab, vitamin C yang berlebih memperberat kerja ginjal. Terutama jika mengonsumsi suplemen atau minuman instan yang banyak mengandung vitamin C, tubuh akan lambat untuk mengolahnya. “Walaupun mudah larut air (melalui air seni), mengonsumsi vitamin C secara berlebihan akan berdampak buruk,’’ pungkas Esra.

Seiring usia, sinar matahari dan paparan radikal bebas, membuat kolagen di dalam kulit kehilangan daya elastisitasnya dan memproduksi sel baru dengan kadar yang lebih rendah. Selagi pengunaan krim dan suntikan kolagen bisa mengembalikan kolagen yang hilang untuk sementara waktu, kamu juga bisa menggunakan teknik alami lain untuk melakukan tugas tersebut :

·         Makanlah  makanan yang kaya vitamin C

Ini berguna untuk memberikan tubuhmu peralatan untuk bisa merubah Prolin dan Lysin menjadi kolagen. Sumber paling efektif dari vit C meliputi sebagian besar buah dan sayur, terutama brokoli, stroberi, tomat, blueberry, dan sayuran lain berwarna hijau.

 

·         Sertakan daging tanpa lemak

Begitu pula dengan putih telur, dan gandum ke dalam dietmu untuk menyuplai tubuh dengan sejumlah besar dari prolin dan lysine yang dibutuhkan untuk mengembalikan kolagen. Menurut the George Mateljan Foundation, kacang tanah adalah sumber efektif lain dari asam amino yang akan membantu membangun struktur kolagen.

 

·         Tambahkan bawang putih ke dalam dietmu

Hal ini berguna untu mendukung produksi kolagen. Bawang putih mengandung Taurin dan asam Lipoid yang mengandung sulfur, yang terkenal dapat membantu memperlambat kerusakan kolagen.

 

·         Terapkan pada kulit krim yang mengandung ekstrak teh

Menurut Mayo Clinic, teh oolong, teh hijau, dan teh hitam mengandung bahan anti inflamasi dan antioksidan yang bisa mengembalikan lagi kolagen, dan bisa sementara waktu mengurangi tampilan kerutan.

 

·         Konsumsi makanan yang tinggi Fitonutrien

Fitonutrien sangat berguna untuk melengkapi diet kolagenmu. Disamping itu, Anthocyanin yang terdapat pada buah seperti blueberry, cherry, raspberry, dan blackberry, telah diakui mampu menguatkan serat kolagen untuk mempertahankan bentuk kulit yang lebih sehat dan kencang.

CELOTEH - KALTIMPOST