Berita SDM dan Diklat

 
 
 
Berita Medis
 
Kalender
20 August 2018
SunMonTueWedThuFriSat
2930311234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930311
1234567
 
Visitor
Flag Counter
KEGIATAN PELATIHAN RUMAH SAKIT DIRGAHAYU JANUARI s/d MEI 2018
Tanggal Posting : Jumat, 27 Juli 2018 | 08:08
Pengirim : RS DIRGAHAYU - dibaca 12 kali

KEGIATAN PELATIHAN RUMAH SAKIT DIRGAHAYU

JANUARI s/d MEI 2018

Rumah sakit merupakan salah satu  penyedia jasa khususnya di bidang kesehatan. Dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berlandaskan Visi dan Misi rumah sakit,  tentunya tidak hanya berupa kelengkapan fasilitas saja tetapi juga pada layanan yang bersifat humanis dari petugas rumah sakit (mulai dari petugas layanan kebersihan, perawat, dokter sampai dengan manajemen rumah sakit).  Pelayanan yang diberikan merupakan salah satu faktor pendukung kesembuhan pasien. Dalam memberikan pelayanan tentunya staf rumah sakit secara berkala memperoleh pelatihan.

Maka dari itu bisa diartikan bahwa Sumber Daya Manusia lah yang menjadi prioritas utama dalam upaya peningkatan mutu layananan dan keselamatan pasien untuk mencapai Visi dan Misi rumah sakit yang mengutamakan kualitas dan  sumber daya manusia yang profesional. Sumber Daya Manusia sebagai bagian dari komponen tersebut haruslah dinamis, artinya peningkatan mutu Sumber Daya Manusia harus didukung juga dengan peningkatan mutu pendidikan yang terus berkembang setiap waktu sehingga Rumah Sakit Dirgahayu tidak tertinggal dari para kompetitor lain sehingga itu dapat mengancam eksistensinya.

Untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu sumber daya manusia sesuai visi misi dan nilai-nilai, Rumah Sakit melakukan pelatihan  dan peningkatan kompetenesi seluruh karyawan secara terus menerus yang telah di asesement dan  diidentifikasi  dari setiap unit kerja terhadap kebutuhan pelatihan baik dilakukan di lingkungan rumah sakit (in house training) yang dilaksanakan sejak awal tahun 2018 sesuai dengan Program Diklat Rumah Sakit. (dklt-rsd/2018)

WAKTU

PELATIHAN

13 PEBRUARI 2018

PEMBABTISAN DARURAT

  1. Seringnya Pasien yang beragama Katolik dalam Kondisi Darurat tetapi belum Baptis membutuhkan para rohaniawan  untuk melakukan pembaptisan. Dengan keterbatasan waktu dan tenaga maka dari Komite Kerohanian melakukan pelatihan Baptis Darurat bagi tenaga-tenaga yang telah ditunjuk oleh Pihak Rumah Sakit.
  2. Pelatihan Pembaptisan Darurat dilaksanaka pada tanggal  13 Pebruari 2018 dengan nara sumber sr.Magdalena.MASF yang diikuti 18 orang perwakilan karyawan yang beragama Katolik dilaksanakan dari jam 10 sd. 12 wita
  3. Peserta mendapatkan pembekalan terkait pembatisan darurat untuk orang-orang sakit yang belum baptis dalam kondisi darurat

16 – 17 Pebruari 2018

ORIENTASI DOKTER INTERNSHIP

Setiap tenaga  kerja yang bekerja dilingkungan Rumah Sakit Dirgahayu wajib dilakukan orientasi dengan tujuaj sebagai pengenalan terhadap Organisasi, Visi Misi RS. Selain itu wajibkan  juga bagi para dokter untuk mampu melakukan Bantuan Hidup Dasar/ Basic Life Support dan menerapkan 6 langkah cuci tangan sebagai standard wajib dalam Akreditasi RS bahwa cuci tangan dilakukan sebelum dan sesudah bersentuhan dengan pasien

14 Pebruari 2018

EVALUASI ORIENTASI

Setelah melaksanakan masa orientasi selama 3 bulan calon karyawan di nilai dan di evaluasi apakah selama masa orientasi sudah mampu beradaptasi dan melaksanakan tugas tanggung jawab sesuai standard Prosedur yang telah ditetapkan. Sehingga evaluasi selama masa orientasi menentukan apakah calon karyawan tersebut dapat dilanjutkan memasuki masa magang atau tidak.

23-24 Pebruari 2018

PELATIHAN CODING

  1. Untuk menghindari terjadinya kesalahan Diagnosa yang berakibat Fatal pada penagihan / Pembayaran maka Peserta pelatihan terdiri dari dokter2 DPJP, IGD,Perawat2,Coding dan para direksi RS mengikuti Pelatihan yang berlangsung selama dua hari dengan mendatang Narasumber dari RS.Sanglah Bali Ibu Drg.Ana Satriana.
  2. Pemaparan materi focus kepada Penyelesaian Kasus dan Bedah Kasus yang sering terjadi di rumah Sakit Dirgahayu
  3. Beberapa kesimpulan yang dihasilkan dari pelatihan tersebut yaitu :
  • Dari beberapa bedah kasus diketahui bahwa masih ada tindakan-tindakan atau diagnose yang belum masuk sehingga tidak bias menaikkan klaim ke BPJS.
  • Dokter harus disiplin dalam melengkapi status supaya mempermudih dalam pengcodingan BPJS
  • Rumah Sakit harus mempunyai target yang harus dicapai setelah pelatihan coding untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam pengcodingan sehingga mampu menaikkan pendapatan rumah sakit,
  • Membuat formulir diagnose sementara untuk mempermudah Coding dalam klaim BPJS

26 Pebruari 2018

PELATIHAN GAS MEDIS

Rumah Sakit Bekerjasama dengan Samator Gas Industri dalam pelaksanaan pelatihan tentang Penggunaan Gas Medis dan Vakum Medik pada fasilitas pelayanan kesehatan yang dilakukan 2 sesie diikuti peserta 52 orang dari : Perawat, IPSRS, Satpam Rumah Sakit.

28 April 2018

SEMINAR ETOS KERJA

Berkaitan dengan Ulang Tahun Rumah Sakit Dirgahayu dilakukan seminar Etos kerja dalam rangka revolusi mental bagi karyawan yang bekerja di Rumah Sakit Drgahayu. Seminar tersebut diikuti oleh 300 karyawan dari berbagi bagian ; klinis dan non klinis terutama yang bersentuhan langsung dengan pelayanan kepada pasien / pelanggan


Berita Medis lain
 
RS Dirgahayu Samarinda
JL.Gunung Merbabu No 62 Samarinda
email humas@rsdirgahayu.com
telp (0541) 742161
fax (0541) 744636,748310
Head Office Map
 
Copyright © 2015 www.rsdirgahayu.com All Rights Reserved
Web Development by YOGYAweb.com