Berita Medis

 
 
 
Berita Medis
 
Kalender
12 December 2017
SunMonTueWedThuFriSat
262728293012
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31123456
 
Visitor
Flag Counter
WALIKOTA RESMIKAN APM KHUSUS BPJS DI RS DIRGAHAYU
Tanggal Posting : Sabtu, 14 Oktober 2017 | 10:48
Pengirim : RS DIRGAHAYU - dibaca 80 kali

WALIKOTA RESMIKAN APM KHUSUS BPJS DI RS DIRGAHAYU

Pelayanan Pasien BPJS Kini Lebih Cepat

 

Kabar gembira bagi masyarakat pengguna BPJS Kesehatan yang ingin mendapatkan pelayanan di RS Dirgahayu Samarinda. Pasien kini tak perlu antre lama di loket pendaftaran. Cukup menggunakan mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) khusus pasien BPJS Kesehatan, pasien secepatnya dilayani. Mesin APM pasien penngguna BPJS Kesehatan diresmikan Walikota Samarinda H. Syaharie Ja’ang, SH, M.Si, Jum’at (13/10), berlokasi di samping poli medical check up dan berdekatan dengan APM pasien umum. Kemarin, Walikota sekaligus juga meresmikan Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang selesai direnovasi untuk memenuhi standard akreditasi terbaru di rumah sakit yang berlokasi di jl. Merbabu  Samarinda.

Turut hadir pada kesempatan ini, istri walikota Hj. Puji Setyowati, Kepala BPJS Kesehatan Samarinda dr. Nurifansyah, Kepala Dinas Kesehatan Kota & Provinsi, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Satpol PP, Pembina Yayasan Setia Budi RD Moses Komela Avan, Ketua Yayasan Setia Budi, Direktur RS Dirgahayu dr. Yohanes Libut,M.Kes serta jajaran manajemen.

Walikota Ja’ang mengatakan, penerapan system online bidang kesehatan ini membuat pelayanan lebih efisien, hemat waktu dan biaya, juga memberi kemudahan bagi warga kota Samarinda. Dengan adanya program smart city, sangat diharapkan rumah sakit lainnya di Ibukota Provinsi Kaltim ini bisa segera menerapkan system pelayanan kesehatan seperti RS Dirgahayu.

“Terobosan yang dilakukan RS DIrgahayu menjadi kebanggaan kami, karena di Provinsi Kaltim dimulai dari Samarinda,” ujar Ja’ang.

Secara terpisah Direktur RS Dirgahayu dr. Yohanes Libut,M.Kes menuturkan, penerapan aplikasi reservasi online dan mesin APM beraawal dari keprihatinan manajemen melihat panjangnya antrean pasien khususnya pasien BPJS Kesehatan setiap hari. “Kami harus memangkas proses pelayanan pasien supaya mereka dilayani secara cepat dan maksimal. Tidak menghabiskan banyak waktu hanya untuk antre,” ungkap dr. Yohanes didampingi Kepala Humas dr. Lucia Ristuti Widyaningrum.

Berbekal infrastruktur teknologi yang berkualitas di rumah sakit ini, manajemen kemudian berinisiatif untuk mewujudkannya. RS DIrgahayu merupakan satu-satunya rumah sakit yang sukses bridging tripartite antara Dinas Kesehatan – RS Dirgahayu – BPJS Kesehatan melalui Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA). Khusus APM pasien BPJS, jelas dr. Lucia proses penggunaannya agak berbeda dengan APM pasien umum. Pasien BPJS harus terlebih dahulu mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan (faskes) pertama dan ada nomor rujukannya, kemudian barcode – nya di scan di APM.

 

Jadi mesin APM di RS Dirgahayu sekarang ada dua yakni untuk pasien BPJS dan pasien umum. Mesin APM difungsikan pagi mulai pukul 07.00 hingga jam 22.00 malam. Sedangkan IGD yang diresmikan, tambah dr Lucia merupakan bangunan lama yang direnovasikan untuk memenuhi standarisasi akreditasi. Yang dibenahi IGD yakni pembagian area layanan sesuai kondisi kegawatan pasien yang ditandai dengan area warna merah, kuning dan hijau beserta kelengkapan medisnya. hmsrsd/tribunkaltim/2017

     
Berita Medis lain
 
RS Dirgahayu Samarinda
JL.Gunung Merbabu No 62 Samarinda
email humas@rsdirgahayu.com
telp (0541) 742161
fax (0541) 744636,748310
Head Office Map
 
Copyright © 2015 www.rsdirgahayu.com All Rights Reserved