Berita Medis

 
 
 
Berita Medis
 
Kalender
25 May 2019
SunMonTueWedThuFriSat
2829301234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930311
1234567
 
Visitor
Flag Counter
SURVEI AKREDITASI KARS VERIFIKASI KE 1
Tanggal Posting : Jumat, 7 Desember 2018 | 09:50
Pengirim : RS DIRGAHAYU - dibaca 245 kali

KEGIATAN SURVEI AKREDITASI KARS VERIFIKASI KE - 1

Undang-Undang Kesehatan no 44 tahun 2009 pasal 40 ayat 1 menyatakan bahwa bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali. Dengan isu globalisasi dan  semakin kritisnya masyarakat Indonesia dalam menilai mutu pelayanan kesehatan, maka Kementrian Kesehatan RI khususnya Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan memilih dan menetapkan sistem akreditasi RS yang mengacu kepada Joint Commission International (JCI).

Setahun lalu (Desember 2017) RS Dirgahayu Samarinda sudah melaksanakan akreditasi Rumah Sakit Versi 2012 dan mendapatkan hasil bintang 4 (empat) atau Utama. Dan pada bulan Mei 2018 RS Dirgahayu mengajukan remedial ke KARS sehingga mendapat hasil bintang 5 (lima) atau Paripurna. Untuk menjaga kualitas yang sudah dicapai Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan survei verifikasi tahun pertama kepada RS Dirgahayu Samarinda. Survei kali ini KARS mengutus Ibu Linny Lumongga,S.Kep,Ns, M.Kes sebagai surveyor.

Pada hari kamis (6/12/2018) Bertempat di ruang pertemuan lantai 2 RS Dirgahayu Samarinda, dr. Yohanes Libut, M.Kes selaku Direktur RS Dirgahayu membuka survei verifikasi dengan memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada surveyor  serta seluruh civitas hospitalia Rumah Sakit.

Membuka acara tersebut, dalam sambutannya dr. Yohanes Libut,M.Kes berharap semoga dengan adanya Survey Verifikasi Akreditasi ini dapat meningkatkan mutu khususnya keselamatan pasien dan RS Dirgahayu Samarinda tetap mempertahankan status Paripurna. Setelah acara pembukaan acara dilanjutkan dengan paparan tentang perkembangan perbaikan dari hasil Survey Akreditasi tahun lalu. kemudian dilanjutkan dengan telusur dokumen dari setiap Standar Akreditasi yang menjadi catatan KARS pada Akreditasi tahun lalu dan dilanjutkan telusur lapangan yang merupakan untuk mengecek apakah dokumen yang dibuat sesuai dengan fakta dilapangan. Seluruh karyawan yang tergabung dalam kelompok kerja (pokja) sangat antusias mengikuti survei verifikasi Rumah Sakit tahun pertama.

Survei verifikasi ini berakhir pada pukul 17.30 WITA dengan dilakukan Exit Conference oleh surveyor KARS Ibu Linny Lumongga,S.Kep,Ns, M.Kes. Dengan catatan-catatan yang diperoleh dari fakta yang ditemukan, walaupun masih terdapat catatan tetapi dari survei ini beliau menuturkan banyak hal yang sudah menunjukan kemajuan dan perkembangan yang harus tetap ditingkatkan untuk memberikan mutu pelayanan yang terbaik untuk pasien. Survei verifikasi akreditasi ini terwujud atas kerjasama seluruh jajaran manajemen dan karyawan RS Dirgahayu . dan merupakan bukti bahwa RS Dirgahayu terus meningkatkan mutu pelayanan pada masyarakat.

AKREDITASI… BISA

AKREDITASI… SIAP

PARIPURNA… LANJUTKAN

YES…YES…YEEEESSSSS…