Berita Medis

 
 
 
Berita Medis
 
Kalender
12 December 2017
SunMonTueWedThuFriSat
262728293012
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31123456
 
Visitor
Flag Counter
RS DIRGAHAYU TERPILIH MENJADI WAHANA INTERNSHIP
Tanggal Posting : Sabtu, 15 Juli 2017 | 12:46
Pengirim : RS DIRGAHAYU - dibaca 221 kali

RS Dirgahayu Terpilih Menjadi Wahana Internship Para Dokter Baru

 

Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di bidang Kedokteran.  Undang-Undang Praktik Kedokteran dan perkembangan  global dalam etika praktik kedokteran mensyaratkan bahwa pasien tidak boleh dijadikan objek praktik mahasiswa kedokteran. Hal ini dilakukan untuk menghormati hak-hak asasi pasien. Adanya perubahan mendasar dalam pengendalian praktik kedokteran berdampak pada proses pendidikan dokter, khususnya masa pendidikan klinik selama masa kepaniteraan klinik. Selama masa kepaniteraan klinik, mahasiswa tidak lagi menangani pasien secara mandiri tanpa supervisi yang ketat. Tanggung jawab mutu pelayanan dan legal aspek  selama kepaniteraan klinik berada pada pembimbingnya.

 

Melihat perkembangan tersebut, untuk meningkatkan kemahiran dan pemandirian dalam melaksanakan praktik kedokteran maka diperlukan proses pelatihan keprofesian pra-registrasi. Proses ini dikenal di berbagai negara sebagai program internship.

 

Internsip adalah Proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Di Samarinda sendiri khususnya Rumah Sakit Dirgahayu, pada hari jum’at 14 Juli 2017 diundang untuk melakukan pertemuan penilaian wahana internship di Hotel Haris Samarinda dan sekaligus tahun ini RS Dirgahayu ditunjuk sebagai wahana internship untuk para dokter baru lulusan Kedokteran dari berbagai Universitas. Visitasi ke rumah sakit Dirgahayu pun dilakukan oleh tim Komite Dokter Internship Pusat (KIDI Pusat), KIDI Provinsi, Dinas Provinsi, dan Dinas Kota pada pukul 14.00 Wita ke area Poliklinik, ICU – ICCU, dan Radiologi.

Semua lulusan Fakultas Kedokteran atau Program Studi Pendidikan Dokter yang telah menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi harus mengikuti program ini sebelum untuk memperoleh sertifikat kompetensi sebagai Dokter Layanan Primer.

Tujuan pelaksanaan nya adalah memberikan kesempatan kepada dokter baru lulus Program Studi Pendidikan Profesi Dokter berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk menerapkan serta mempraktikkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan dalam rangka penyelarasan antara hasil pendidikan dan praktik di lapangan.

Kelayakan Wahana dinilai berdasarkan kemampuannya dalam:

  1. Memberikan pelayanan kedokteran primer yang komprehensif (promotif, preventif dan kuratif)
  2. Mempunyai komitmen tinggi dlm pelaksanaan internsip
  3. Mempunyai jumlah pasien dan kasus yg mencukupi dengan distribusi usia sesuai buku log
  4. Mempunyai jumlah pasien dan variasi kasus yang cukup
  5. Mempunyai jam pelayanan yang memadai
  6. Mempunyai unit gawat darurat
  7. Mempunyai manajemen fasyankes yang sesuai dengan standar pelayanan yg berlaku
  8. Wahana internsip mempunyai ijin sesuai ketentuan yang berlaku
  9. Ada kerja sama antara Direktur atau Pemda, dengan Pengelola internsip atau Dekan FK

Penilaian wahana dilaksanakan berdasarkan suatu kriteria yang disusun antara KIDI dan para instansi terkait, yang akan menilai kesiapan dan kemampuan Sarana Pelayanan Kesehatan untuk digunakan sebagai wahana internsip.

Hms/Juli2017

 

Berita Medis lain
 
RS Dirgahayu Samarinda
JL.Gunung Merbabu No 62 Samarinda
email humas@rsdirgahayu.com
telp (0541) 742161
fax (0541) 744636,748310
Head Office Map
 
Copyright © 2015 www.rsdirgahayu.com All Rights Reserved