Berita Medis

 
 
 
Berita Medis
 
Kalender
08 August 2020
SunMonTueWedThuFriSat
2627282930311
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
303112345
 
Visitor
Flag Counter
MENGHADAPI RASA CEMAS BERLEBIH SELAMA PANDEMIC COVID-19
Tanggal Posting : Senin, 20 April 2020 | 08:40
Pengirim : RS DIRGAHAYU - dibaca 266 kali

 

 

MENGHADAPI RASA CEMAS BERLEBIH SELAMA PANDEMIC COVID-19

RS Dirgahayu membuka layanan Psikiater

 

Dampak pandemi corona tidak hanya berpengaruh pada Kesehatan fisik seseorang saja, namun juga Kesehatan psikis/mental seseorang. Fenomena-fenomena gangguan mental itu muncul akibat Ketakutan dan kecemasan terhadap penyebaran virus, kemudian tutupnya lapangan pekerjaan akibat lockdown dan ambruknya ekonomi yang berdampak pada hilangnya mata pencaharian dan keadaan yang tidak pasti akan berujung pada Kesedihan (depresi) dan kecemasan (anxietas). Demikan yang dikatakan dr. Hutomo Judhi Christanto Wibowo,Sp.KJ di ruangannya di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda.

Beliau juga mengatakan dampak fenomena ini dapat berlanjut dan akan mengakibatkan masalah pada Kesehatan mental individu maupun kelompok sehingga melakukan/berperilaku tidak rasional. Misalnya penolakan jenazah walaupun telah diproses dengan benar oleh tenaga medis, rasa curiga yang berlebihan terhadap orang disekitar kita (terutama yang berlatar belakang medis), gejala umum berupa demam biasa atau perasaan lemah yang kemudian akan langsung dihubungkan dengan COVID – 19 dan menanggapi berita di social media dengan cara yang berlebihan. Ketika hal-hal tersebut telah menjadi bagian dari hidup anda, sesungguhnya anda telah mengalami fenomena gangguan mental yang dikenal dengan Corona Virus Anxiety yang ketika tidak diterapi dengan benar malah akan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

dr.Hutomo sebagai dokter Ahli Jiwa di RS Dirgahayu juga menjelaskan langkah-langkah apa yang dapat dilakukan untuk menghadapi fenomena ini, yaitu dengan cara memahami dan menerima rasa cemas (parno) itu sebagai bagian dari diri kita, berbicara dengan orang lain yang dapat mendengarkan anda dengan baik dan tidak malah menambah kecemasan, memahami tentang covid dari ahli dan media yang tervalidasi (memiliki link yang dapat diakses/jurnal) dan membatasi informasi yang sumbernya tidak jelas, melakukan kegiatan yang produktif Merawat tanaman, memasak, berolahraga, merakit barang, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan dirumah misalnya bersantai, membaca buku, menulis artikel yang inspiratif, melakukan meditasi dan relaksasi, hubungi tenaga professional bila diperlukan.

Oleh sebab itu RS Dirgahayu Samarinda saat ini telah menyediakan layanan konsultasi & terapi psikiater yang langsung ditangani oleh dr.Hutomo Judhi Christanto Wibowo,Sp.KJ dimana layanan unggulan yang diberikan adalah terapi untuk gangguan tidur dan klinik adiksi (berhenti merokok, kecanduan zat), dengan metode yang digunakan bervariasi tergantung dari keluhan-keluhan pasien adapun metode tersebut meliputi Psikoanalisa, Psikoterapi, Gestalt Therapy, Relaxation therapy, narrative therapy, expression therapy, CBT (Cognitive Behavioural Therapy), DBT (Dialetical Behavioural Therapy), Hypnotherapy, Farmakoterapi, Manipulation Therapy.

Saat diwawancarai dr.Hutomo juga menjelaskan perbedaan antara psikiater dengan psikolog yang dimana masyarakat masih belum memahami perbedaan diantara keduanya. Dari latar belakang, Background seorang psikolog adalah ilmu psikologi, sementara psikiater adalah ilmu medis, hal ini membuat seorang Psikiater akan melihat mitra/pasiennya dengan cara yang lebih holistik, tidak dari latar belakang psikologis-sosialnya saja namun juga dari segi biologis oleh mitra/pasien dan memungkinkan seorang psikiater untuk mendeteksi penyakit fisik lain yang mungkin diderita oleh pasien, sedangkan dari segi terapi dalam penanganan pada pasien, seorang psikolog akan dan dapat melakukan Psikoterapi sementara Psikiater selain dapat melakukan psikoterapi juga dapat meresepkan obat (farmakoterapi) dan manipulation therapy dengan bantuan Alat-alat medis. Hal ini berdasar dari latar belakang Psikiater yang adalah seorang dokter dan mempunyai pemahaman yang luas tentang ilmu kedokteran dan farmasi serta reaksinya terhadap tubuh manusia. Dan yang terakhir dr.Hutomo menjelaskan perbedaan penanganan pasien/mitra, Psikolog merupakan sosok yang dapat dikonsultasikan perihal keadaan emosi, perilaku dan pikiran. Sementara apabila keadaan emosi, perilaku dan pikiran tersebut telah mempengaruhi kehidupan dan fisik kita contohnya perubahan perilaku, mudah tersinggung, kecanduan (merokok, game, zat) ataupun sulit tidur, nafsu makan menurun dan sulit berkonsentrasi maka sebaiknya hal tersebut dikonsultasikan ke psikiater.  Untuk jadwal pelayanan psikiater setiap hari Senin-Sabtu jam 16.00 – 20.00 Wita di Poliklinik RS Dirgahayu Samarinda. Hms/rsd/april2020

Berita Medis lain
 
RS Dirgahayu Samarinda
JL.Gunung Merbabu No 62 Samarinda
email humas@rsdirgahayu.com
telp (0541) 742161
fax (0541) 744636,748310
Head Office Map
 
Copyright © 2015 www.rsdirgahayu.com All Rights Reserved
Web Development by YOGYAweb.com