Berita Medis

 
 
 
Berita Medis
 
Kalender
23 October 2017
SunMonTueWedThuFriSat
24252627282930
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930311234
 
Visitor
Flag Counter
GELIAT PELAYANAN RS DIRGAHAYU
Tanggal Posting : Jumat, 23 Juni 2017 | 12:54
Pengirim : RS DIRGAHAYU - dibaca 202 kali

GELIAT PELAYANAN KESEHATAN RS DIRGAHAYU

Terus Tambah Fasilitas, Mendaftar Bisa lewat Smartphone

 

Bangunan Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda yang berlokasi di Jalan Gunung Merbabu, Nomor 62, Samarinda, saat ini dipimpin oleh Direktur RS Dirgahayu dr. Yohanes Libut M.Kes, melalui humas dr. Lucia Ristuti Widyaningrum menjelaskan, Rumah Sakit Dirgahayu merupakan karya Kerasulan Gereja Katolik Keuskupan Agung Samarinda (KASRI) di bawah kepemimpinan Yang Mulia Bapak Uskup Agung Mgr Yustinus Harjosusanto MSF dan dikelola oleh Yayasan Setia Budi Samarinda.

Saat ini, Rumah Sakit Dirgahayu terus menghadirkan dokter-dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan, tenaga kesehatan, dan tenaga profesional lainnya. Adapun fasilitas dan layanan RS Dirgahayu Samarinda seperti layanan 24 jam yang meliputi ruang Instalasi gawat darurat, laboratorium, radiologi, instalasi farmasi, CT scan. Dan untuk fasilitas rawat jalan tersedia poliklinik umum, poli medical check up, poli gigi, poli anak, poli paru, poli penyakit dalam,  USG, kebidanan & kandungan, bedah umum, bedah tulang, THT, mata, jantung, syaraf, urologi, kulit & kelamin, bedah thorax-jantung-pembuluh darah, fisioterapi, poliklinik VCT, poliklinik TB DOTS, haemodialisa (HD).

RS Dirgahayu juga melayani peserta BPJS Kesehatan maupun umum untuk perawatan haemodialisa (HD) setiap hari Senin s/d Sabtu : 07.00 – 19.00 Wita. Dan baru-baru ini RS Dirgahayu juga meresmikan poli endoskopi untuk pasien umum, Asuransi / Perusahaan dan BPJS Kesehatan yang sudah dibuka pelayanannya sejak 31 Mei 2017, adapun pelayanan endoskopi yang dilayani di RS Dirgahayu yaitu Esofagogastroduodenoskopi ( EGD ), Rektosigmoidoskopi ( RS ), Kolonoskopi total ( KT ). Apabila ada yang ingin melakukan tindakan endoskopi bisa konsultasi terlebih dahulu dengan menghubungi 0541-742161 ext 210 & no hp 081349369243 / 081253799678, dengan jadwal tindakan endoskopi setiap Selasa, Kamis, Sabtu : 10.00 – 13.00 Wita / Senin, Rabu, Jum’at : 19.00 – 21.00 Wita. Kemudian, untuk penunjang medisnya antara lain instalasi farmasi, gizi, CSSD, fisioterapi, spirometri, audiometric, EKG, DC Shock atau AED, panoramic radiografi, serta konsultasi dengan ahli gizi. Fasilitas rumah sakit akan terus diperluas seperti perluasan parkir, IGD, bagian pendaftaran dan poliklinik, serta penambahan kantin, loket bank, ATM, ruangan bermain anak, serta free hotspot.  Saat ini juga Rumah Sakit Dirgahayu pun sedang mempersiapkan pelayanan observasi online melalui aplikasi android dan mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri yang rencananya akan di launching dalam waktu dekat ini, dimana nantinya apabila ada pasien yang ingin berobat ke RS Dirgahayu, cukup mendaftar melalui aplikasi Rumah Sakit Dirgahayu ke poliklinik yang akan dituju di handphone android yang sudah didownload melalui app store atau bisa juga dengan menggunakan mesin anjungan pendaftaran mandiri yang nanti rencananya diletakkan dipintu masuk poliklinik rawat jalan. Jadi begitu pasien yang sudah daftar bisa langsung menuju dipoliklinik yang sudah dipilih dan tidak perlu mengantri lagi di bagian pendaftaran rawat jalan.

Untuk pelayanan rawat inap, RS Dirgahayu menyediakan ruang perawatan dewasa, perawatan anak, kamar bersalin, ruang perawatan bayi (neonatologi), kamar operasi, ICU/ICCU, serta ada beberapa kelas seperti VVIP, VIP, Superior, kelas 1 tunggal anak, kelas 1 ganda, kelas 2, kelas 3, dan ruang isolasi dengan jumlah 288 tempat tidur.

Untuk medical check up, RS Dirgahayu melayani pemeriksaan di dalam maupun di luar rumah sakit yang bisa disesuaikan dengan paket yang tersedia berdasarkan permintaan. Contohnya, paket yang terdiri dari pemeriksaan dokter umum, tes buta warna, tinggi badan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah rutin, urine, EKG, spirometri & audiometri.  

RS Dirgahayu juga memiliki beberapa program promosi kesehatan, salah satunya yaitu promosi cek kesehatan gratis berupa cek gula darah, kolesterol, asam urat, tekanan darah, ukur berat badan, test buta warna, serta edukasi & konsultasi gizi di tempat-tempat yang memiliki tingkat kunjungan masyarakat yang tinggi, seperti mal, pasar, serta pameran baik yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah maupun swasta. Apabila ada yang ingin bekerjasama dalam hal cek kesehatan, tim promosi kesehatan siap melayani kapan dan dimana saja asalkan diinformasikan terlebih dahulu untuk jadwal dan kegiatan apa saja yang diselenggarakan agar tim kami pun bisa menyesuaikan. Dan untuk cek kesehatan ini dilayani secara gratis oleh tim promkes RS Dirgahayu.

Dan Khusus menyambut Idul Fitri 1438 H, RS Dirgahayu bekerjasama dengan BPJS Kesehatan menerima pasien BPJS Kesehatan yang ingin berobat tanpa surat rujukan dari Fasilitas Kesehatan (Faskes) 1 berlaku sejak tgl 19 Juni s/d 2 Juli 2017. Jadi yang ingin mudik tidak perlu khawatir kalau Faskes tingkat pertamanya tutup, RS Dirgahayu siap melayani walau tanpa surat rujukan baik pasien emergency maupun non-emergency.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi seputar pelayanan RS Dirgahayu Samarinda, bisa kunjungi website RS Dirgahayu di www.rsdirgahayu.com / facebook Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda / telepon ke 0541-42161/748309/748310 / bisa dengan email RS Dirgahayu melalui humas@rsdirgahayu.com.  Sesuai dengan motto RS Dirgahayu yaitu Kasih, yakni Keselamatan, Antusiasme, Sigap dan Simpatik, Integritas, serta Holistik, kami siap melayani Anda.

Hms-RSD/Kaltimpost-Juni2017